Sunday, May 8, 2016

Analisis Game (Permainan)

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menuliskan isi dari permainan yang sudah menjadi permainan sehari-hari. Penulis akan membawa 5 permainan yang menjadi bahan analisis pada tugas kali ini.'

Ludo


Siapa yang tak kenal dengan permainan ini, namanya Ludo. Permainan Ludo menggunakan algoritma Greedy. Algoritma Greedy merupakan satu algoritma yang paling sering digunakan dalam mencari solusi dari persoalan optimasi. Atau persoalan dimana kita mencari suatu solusi yang dapat menyelesaikan masalah secara optimal. Algoritma greedy akan membentuk solusi langkah per langkah. Pada setiap langkah penyelesaian masalah terdapat banyak pilihan langkah yang dapat diambil. Algoritma ini berusaha mengambil keputusan terbaik yang dapat diambil pada saat ini.

          Pada permainan Ludo terdapat kelas pion yang memiliki atribut berupa posisi pion. Kelas pion akan dimiliki oleh kelas pemain yang memiliki array yang berisi empat buah pion. Kelas pemain juga memiliki prosedur melangkah yang akan mengubah posisi pion pada kelas papan. Juga terdapat kelas dadu yang berisi angka yang dapat diambil oleh kelas lain.

          Dalam penerapan algoritma greedy pada permainan Ludo terdapat beberapa algoritma greedy yang dapat digunakan, diantaranya :

1.     Greedy By No One Left Behind
Algoritma ini akan berusaha untuk menggerakkan semua pion menuju titik tujuan bersama – sama. Semua langkah yang dapat diambil digunakan untuk menggerakan semua pion agar semakin dekat dengan tujuan dengan memilih pion dengan prioritas tertinggi yaitu pion yang berada paling belakang.

2.    Greedy By Hitter
Algoritma ini berusaha untuk menggerakan pion agar dapat memukul pion lawan. Pemilihan pion yang digerakkan berdasarkan prioritas posisi pion. Pion yang berada lebih dekat dengan pion lawan, maka pion tersebut yang akan digerakkan.

3.    Greedy By Quick Move
Algoritma ini berusaha untuk menggerakkan pion secepat mungkin menuju tujuan. Pergerakkan pion didasarkan pada pion dengan prioritas tertinggi, yaitu pion yang berada paling dekat dengan tujuan.


Mario Forever

Permainan ini sudah melegenda, awal kemunculan di konsol nintendo yang menjadi terkenal karena permainan ini telah menghipnotis anak - anak bahkan orang dewasa pada masa itu. Mario Forever dibuat mengikuti desain dan cara main game Mario Bros klasik keluaran Nintendo. Anda akan merasakan lingkungan yang mirip Mario Bros lama dengan beberapa penambahan seperti desain yang lebih halus, warna-warna yang terang dan tetap tajam, walau dimainkan dalam tampilan fullscreen. Setiap level disajikan dengan sangat baik dan semakin lama akan semakin sulit dan menantang.

Game ini juga mengemas aplikasi Mario Worker yang dapat membantu Anda membuat level permainan sendiri. Anda dapat menata lingkungan yang ada seperti menambahkan awan, rintangan, level dan cerita sehingga permainan yang Anda buat menjadi lebih hidup. Hasilnya nanti bisa di-unggah dan Anda juga bisa mengunduh level permainan hasil kreasi orang lain.

Untuk algoritma pada permainan ini hanya melewati stage demi stage dengan selamat dan waktu yang cukup. Meskipun tidak ada unsur edukasi dalam permainan ini, anak -  anak tetap senang dengan permainan ini.


Zelda Forever 1
 
 The Legend of Zelda dengan tokoh utamaLink di game hasil desain Shigeru Miyamoto sebenarnya memiliki banyak elemen seperti action,adventure, RPG danpuzzle, namun Buziol Games Soft memilih untuk hanya mengambil elemenpuzzle yang dikombinasikan sedikit elemen adventure game.
Di game ini pahlawan kecil kita Link akan berusaha menyelamatkan putri Zelda dan kerajaannya dari serangan iblis Sarcophagus. Saat memainkan game ini Anda akan memasuki dunia penuh warna dengan 100 level game yang berbeda, map yang luas, penuh rahasia dan diiringi musik yang mendukung suasana bermain.
Kelebihan dari game ini :
  1. Tansisi scolling stage yang begitu halus
  2. Layar dan background bergerak sesuai posisi mario. game pada era itu pada umumnya mempunya single screen, sehingga gameplay pada umumnya berpindah screen, dan jika ada game yang memiliki screen scrolling yang sama dengan metode super mario bros, tidka ada yang memiliki transisi sehalus super mario bros, bahkan setelah bertahun-tahun game tersebut dirilis. hal ini mungkin terdengar sepele untuk standar saat ini, tapi pada masa itu, hal tersebut adalah aspek yang luar biasa.
  3. Smooth scrolling membuat keseluruhan game menjadi lebih baik dan tidak terlihat adanya slow down.
Kekurangan dari game ini :
  1. Untuk game zaman sekarang tampilan masih kurang bagus.
  2. Gameplay terlalu simple untuk zaman sekarang.
  3.  Kualitas suara yang kurang memadai untuk game zaman sekarang.


Tetris
Tetris adalah permainan teka-teki yang disusun dan diprogram oleh sepasang programmer berkebangsaan Rusia.Dalam permainan tetris, balok-balok tetris berjatuhan ke area permainan dalam waktu konstan.Balok tetris selalu terdiri dari 4 balok kecil yang membentuk 7 macam rupa.

Algoritma
Pemain dapat mengontrol balok tetris yang jatuh melalui 4 tombol arah panah untuk menggeser ke kanan atau ke kiri dan tombol arah panah ke bawah untuk mempercepat jatuhnya balok tetris. Satu kendali yang lain adalah untuk memutar bentuk balok tetris 90ยบ’
Algoritma yang gunakan untuk mencari solusi dari permainan tetris adalah algoritma yang menggunakan konsep-konsep yang ada dalam algoritma Greedy dan Algoritma BruteForce.Algoritma Greedy merupakan metode yang paling umum digunakan untuk memecahkan masalah optimasi.Algoritma ini sederhana dan sesuai dengan tujuan yang ada.



Algoritma Greedy memecahkan masalah langkah per langkah, pada setiap langkah:
1. mengambil pilihan yang terbaik yang dapat diperoleh pada saat itu tanpa memperhatikan konsekuensi ke depan (prinsip “take what you can get now!”)
2. berharap bahwa dengan memilih optimum local pada setiap langkah akan berakhir dengan optimum global Brute force adalah sebuah pendekatan yang sesuai (straightforward) untuk memecahkan suatu masalah, biasanya didasarkan pada pernyataan masalah (problem statement) dan definisi konsep yang dilibatkan.

            Algoritma brute force memecahkan masalah dengan sangat sederhana, langsung dan dengan cara yang jelas (obvious way). Algoritma yang digunakan untuk mendapatkan susunan tumpukan balok yang paling baik dengan menempatkan balok ke tempat yang tepat.Algoritma ini menggunakan prinsip Greedy dalam mencari langkah sollusi yang paling menguntungkan. Prioritas keuntungan yang tersusun terdiri dari:
1. Membentuk satu atau lebih baris paling penuh
2. Membentuk satu atau lebih baris paling mendekati penuh
3. Tidak membentuk ruang kosong pada susunan tumpukan balok
4. Balok dapat masuk ke dalam susunan tumpukan balok paling dalam Algoritma yang kami kemukakan akan mencari penempatan balok yang jatuh ke ruang yang paling tepat sesuai prioritas keuntungan di atas diantara susunan tumpukan  balok. Pencarian ini akan dilakukan secara Brute Force. Balok yang jatuh akan dicoba untuk ditempatkan ke ruang di antara susunan tumpukan balok dibawah.
 
 
Tic - Tac - Toe
 
 
 
Permainan tic-tac-toe merupakan permainan berjenis board-game berukuran 3x3. Pemain harus mengisi sel-sel, sehingga karakter yang dimasukkan pemain tersebut dapat membentuk suatu garis lurus horizontal, vertikal, ataupun juga diagonal. Permainan ini biasanya dimainkan oleh 2 orang pemain, tapi pada versi permainan komputer, pemain lawan dapat digantikan oleh komputer. Hasil permainan berupa menang, kalah, ataupun seri.

Algoritma Minimax
Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI. Pada algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut. Tentunya dibutuhkan resource yang berskala besar untuk menangani komputasi pencarian pohon solusi tersebut berhubung kombinasi kemungkinan untuk sebuah permainan catur pada setiap geraknya sangat banyak sekali.

Algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum.
Garis besar algoritma minimax secara umum "If ada langkah kemenangan Then pilih langkah tersebut.

Else If lawan mempunyai 2 spot terisi dalam satu garis dengan spot ketiga masih kosong Then tutup langkah tersebut (isi spot kosong ketiga tersebut).
Else melangkah ke state yang mempunyai kemungkinan menang tertinggi (berdasarkan nilai heuristic yang dibangkitkan)"

Algoritma umum diatas untuk permainan tic-tac-toe
-"Mencari langkah dengan nilai maksimum
-If langkah tersebut merupakan langkah kemenangan Then pilih lagkah tersebut.
-Else
-Foreach kemungkinan langkah yang ada
-Cari langkah lawan yang bernilai minimum.
-Return nilai dari langkah tersebut.
-Pilih langkah yang bernilai maksimum darilangkah-langkah tersebut. "
 
Sekian analisis pada 5 permainan yang sederhana ini, semoga pembaca dapat mengambil sisi positif dan sisi negatif nya silahkan dibuang.
 
referensi :
 
-https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/a/ae/Tetris_NES_play.png
-http://azistakata.blogspot.co.id/2014/04/analisis-game-super-mario-bross.html
-http://www.google.com/game-super-mario-bros/62580-retroreview-super-mario-bros1.html
-http://www.google.com/game-super-mario-bros/fakta-unik-tentang-mario-bross1.html
-http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2011-2012/Makalah2011/MakalahIF3051-2011-040.pdf
-Munir, Rinaldi.2006. “Strategi Algoritmik”. Program Studi Informatika, Institut Teknologi Bandung. Kevin McGee, 2005. “Advance Game Programming : AI”.

No comments:

Post a Comment