Wednesday, April 13, 2016

Software Engine Game Tercanggih

Di zaman moderen ini teknologi sudah sangat berkembang. Teknologi game sudah banyak perubahan, awalnya game diperuntukan hanya untuk hiburan. Namun sekarang ini sudah berubah menjadi lahan bisnis. Contohnya penjualan cash atau uang virtual dalam game. Berikut ini penulis akan memberikan informasi software yang digunakan dalam pembuatan game.

1. Game Maker: Studio
Sebuah developer bernama YOYO Games menciptakan sebuah software untuk membuat game platform PC Windows, Mac, Linux, iOS, Android, Windows Phone, Xbox, PS 3, PS 4, PS Vita, dan berbagai platform lainnya. Nama software tersebut adalah Game Maker: Studio

Game Maker memberikan layanan bagi pemula hingga profesional dalam pengembangan game, yang memungkinkan mereka untuk membuat game antar-platform dalam waktu singkat dan minim biaya.

Selain membuat pengembangan game, Game Maker 80% lebih cepat daripada coding tools untuk bahasa pemograman. Pengembang dapat membuat prototipe yang berfungsi penuh hanya dalam beberapa jam, dan akhirnya game selesai hanya dalam hitungan minggu.

Game Maker Studio ini mudah dipelajari oleh pemula yang memang ingin membuat game 2D maupun 3D. Sayangnya software ini tidak open source dan berbayar. Spesifikasi minimum untuk game maker studio ini tidak tergolong software berat. 

Kelebihan
  • Mudah dipahami bagi pemula 
  • User friendly
  • Dapat membuat untuk banyak platform
Kekurangan
  • Tidak Open Source
  • Berbayar

2. Ego Engine


Ego Engine adalah pengembangan dari Neon game Engine. Codemaster adalah pembuat Ego Engine ini yang mampu merender damage yang detail. Damage adalah efek kerusakan pada game, sehingga seolah-olah nyata bagi si penikmat game tersebut. Dari percikan api saat bergesekan dalam game Mobil Balap hingga pecahan kaca saat mobil bertabrakan.

Ego Engine memiliki kelebihan, yaitu objek detail, fps cepat. AI (artificial inteligence) yang unik.
Kekurangan nya untuk menjalankan Ego Engine ini membutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni dan mahal untuk memproduksi game yang profesional.

Game terkenal yang dibuat dari engine ini ada Dirt Rally , F1 2014 ,Grid 2 , Dan F1 2015.

3. Avalanche Engine

Game engine ini sangat bagus dalam hasil grafis yang maksimal. Untuk hasil yang maksimal dalam membuat game ini juga perlu komponen komputer yang maksimal juga. Game terbanyak yang dihasilkan dari engine ini ada pada komputer dengan OS windows, tetapi untuk konsol game ada juga yang dihasilkan dari engine ini. Untuk software pembuat game ini, penulis tidak menemukan tempat untuk mengunduhnya, mungkin engine ini hanya untuk kalangan tertentu saja.

4. Rage Engine


Engine ini mungkin sudah populer disemua kalangan gamer. Rage Engine ini buatan Rockstar San Diego dari grup Rokstar di tahun 2004. Engine ini telah memiliki banyak pelanggan di platform konsol. Untuk konsol PS3, PS4, PC, XBOX, dan XBOX ONE. Game engine ini telah banyak menghasilkan game open world ternama seperti Max Payne, Serial GTA (Grand Theft Auto) dan Bully. Rage engine ini memang diperuntukan dalam pembuatan game open world dengan efek yang bisa memanjakan mata gamer. Untuk membuat game dengan engine ini sudah pasti bisa membayangkan spesifikasi komputer untuk dapat menjalankan game ini dengan baik.


5. Blender Game Engine

Blender engine ini tergolong ringan namun masih tetap menghasilkan game yang terbaik. Dengan ukuran software yang kecil, engine ini bisa menghasilkan game 3D yang menarik dengan bantuan pemrograman phyton. Untuk pemula yang ingin membuat game dengan engine ini, sebaiknya harus mempelajari shortcut yang ada pada fitur softwarenya dan juga harus mempelajari desain model.

Kelebihan

  • Open Source
  • Free
  • Hasil dapat diexport ke banyak engine game lain
Kekurangan
  • Untuk pemula membutuhkan waktu yang lama


https://www.blender.org/
https://en.wikipedia.org/wiki/GameMaker:_Studio
https://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
https://www.egoengine.com
https://en.wikipedia.org/wiki/Rockstar_Advanced_Game_Engine
https://gamebrott.com/10-game-engine-terbaik-di-dunia/






No comments:

Post a Comment